Skip to main content

FORUM KOMUNIKASI SEKOLAH RUJUKAN DIY MENGADAKAN LOMBA PENELTIAN SISWA NASIONAL/ KARYA TULIS ILMIAH REMAJA


Gambar 1 : Sambutan tuan rumah kepala SMP 1 Wonosari : Moh.Nurhadi,SPd.M.Hum, di hadapan yuri dari UGM,UAD dan UST, didampingi kabid SMP.


Lima sekolah binaan Dirjendikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengadakan berbagai lomba kompetensi siswa. Salah satunya adalah lomba penelitian siswa nasional sekolah rujukan hari kamis 5 oktober 2017. Sekolah rujukan tersebut antara lain SMP 5 Yogyakarta, SMP 1 Galur, SMP 1 Bantul, SMP 4 Pakem dan SMP 1 Wonosari. Sebelumnya diadakan lomba kompetensi empat mata pelajaran (IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan IPS) yang tempatnya bergantian. Untuk kali ini lomba diadakan di Gunungkidul yaitu SMP N 1 Wonosari. Masing-masing sekolah rujukan mempunyai tanggung jawab untuk mendiseminasikan kepada 5 sekolah imbas.  Adapun sekolah imbas di Gunungkidul antara lain : SMP 1 Semanu, SMP Muhammadiyah 1 Wonosari, SMP Muhammadiyah Al Mujahiidin, SMP 3 Playen dan SMP 2 Nglipar.


Gambar 2 : Kabid SMP beserta kepala sekolah imbas melihat paparan hasil penelitian siswa.

Lomba penelitian siswa ini memperebutkan 10 medali emas 10 medali perak dan 10 perunggu dibagi menjadi tiga bidang, yaitu bidang IPA, bidang IPS dan bidang teknologi. Untuk lebih obyektif dalam penilaian melibatkan yuri unsur perguruan tinggi antara lain  dosen UGM, Dosen UAD dan dosen Sarjana Wiyata. Dalam sambutannya kabid SMP mengatakan bahwa core dari kurikulum 2013 sangat relevan dengan penelitian, justru  KIR bisa dikatakan implementasinya karena di sana memuat observasi, mengajukan pertanyaan (hipotetik), analisa data dan mengkomunikasikan. Proses dan produk penelitan melibatkan banyak domain sehingga ini masuk dalam katagori HOT ( Hight Order Thingking).

Comments

  1. Siiiiiipppp.
    Semoga ke depan, di Bumi Handayani semakin banyak sekolah yang menjadi sekolah Rujukan, yang berarti semakin maju pendidikannya. Aamiin.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Beberapa Siswa dan Guru Kab. Gunungkidul Mewakili DIY Dalam Berbagai Lomba Tingkat Nasional Tahun 2017

Daftar Sekolah Model, Sekolah Imbas dan Fasilitator Daerah Program Pengembangan Sekolah Model Tahun 2017 Binaan LPMP Dengan Bantuan Pemerintah

Workshop Review Kurikulum Jumat, 25 Agustus 2017